Obama Tetap Akan Tarik Pasukan Dari Irak


Kandidat presiden AS dari Partai Demokrat, Barack Obama menegaskan dirnya tidak akan mengubah rencananya untuk segera menarik tentara Amerika Serikat dari Irak meski sebelumnya mengatakan bahwa dia mungkin akan menyaring lagi kebijakannya.

“Saya tidak memberikan informasi yang kontradiktif bahwa kita akan menarik pulang tentara kita dengan selamat, dengan memulangkan satu atau dua brigade setiap bulan. Ini adalah sikap yang sama seperti yang telah saya katakan empat bulan yang lalu. Ini juga petisi yang sama yang saya sampaikan delapan bulan lalu. Dan, ini juga sikap yang sama dengan yang saya katakan 12 bulan yang lalu,” katanya, Kamis (3/7).

“Hari pertama saya menjabat, saya akan mengajak Kepala Staf Gabungan, dan saya akan memberikan tugas baru kepada mereka, dan itu berarti perang ini telah berakhir. Tanggungjawab, dengan sengaja, tapi meyakinkan,” tukasnya.

Dalam pertemuan sebelumnya dengan para wartawan, Obama mengatakan bahwa dia mungkin akan menyaring lagi kebijakan-kebijakannya setelah berkonsultasi dengan para jenderal dalam kunjungannya ke Irak pada bulan ini, yang detilnya tidak diumumkan dengan alasan keamanan. Obama, yang landasan  kampanye utamanya adalah bersikap menentang keras terhadap perang Irak, mengatakan bahwa dia telah melakukan ‘penelitian dengan cermat’ atas kebijakannya setelah ia melakukan kunjungan pertama ke Irak dua tahun lalu.

Senator Illinois ini menghadapi tekanan sengit dari kandidat Partai Republik John McCain mengenai Irak, yang mengatakan bahwa Obama akan mengubah rencana-rencananya untuk menghitung keuntungan di bidang keamanan, dengan strategi pasukan AS baru-baru ini.

“Saat saya pergi ke Irak dan melakukan pembicaraan dengan beberapa komando di lapangan, saya merasa yakin bahwa saya akan mendapat banyak informasi, dan akan terus menyaring kebijakan-kebijakan saya,” kata Obama seperti yang dikutip oleh suratkabar Fox News dan the New York Times.

Leave a Reply

